Kamis, 18 Desember 2008

TERAPI AIR


Air dalam tubuh diantaranya berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Namun, tahukah Anda, ternyata banyak manfaat yang direguk dari air putih, selain nikmatnya kesegaran.Banyak orang yang tidak mengetahui khasiat air selain untuk menghilangkan dahaga saja.
Selama ini nasehat minum air putih sebanyak delapan gelas per hari bukanlah omong kosong. Selain mengobati rasa haus, Air dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan cara yang mudah dan murah, disebut terapi air. Seperti dikutip dari buku karangan Chaiton Leo, Terapi Air Untuk Kesehatan dan Kecantikan, dikatakan, terapi air adalah metode perawatan dan penyembuhan dengan menggunakan air agar mendapatkan efek-efek terapis. Air secara khusus memiliki kualitas-kualitas yang unik dan kualitas ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan mekanisme tubuh kita. Air dapat dipakai sebagai pengobatan.
Terapi air adalah terapi alami yang didasari penggunaan air secara internal (dengan meminum air) dan eksternal sebagai pengobatan berbagai penyakit.Terapi menggunakan air heksagonal mampu menjaga kesehatan dan membantu proses penyembuhan penyakit yang berkaitan dengan masalah sel-sel tubuh. Tubuh manusia terdiri atas banyak air, di samping jaringan. Bahkan, lebih dari 70 persen komponen tubuh terdiri atas air. Seiring dengan proses metabolisme, cairan ini dikeluarkan tubuh. Untuk mengganti kekurangan tersebut, tubuh butuh asupan cairan dari luar.
Air bermanfaat untuk meluruhkan racun dan berbagai endapan di dalam tubuh. Karena itu, air juga digunakan sebagai salah satu terapi dalam mengatasi beberapa penyakit. Untuk bisa langsung diserap tubuh, air pun harus memiliki kandungan mineral tertentu. Selain unsur makro seperti Ca, Si, Na, Ag, Fe, dan Zn, dibutuhkan pula unsur mikro mineral seperti Fe2, Fe3, Cl4 dan lain-lain. Di samping itu, air yang sehat juga tak mengandung zat racun atau kandungan kimia yang berbahaya, tak berbau, tak berwarna, dan tak berasa.
Air membantu proses metabolisme dalam tubuh dengan mengubah makanan menjadi energi. Air berperan sebagai bahan bakar untuk mendorong reaksi kimia metabolisme. Jika Anda tidak minum cukup air, Anda tidak akan dapat membakar kalori dengan baik.Ada beberapa akibat jika suplai air kurang dari 2 liter per hari seperti; proses penurun berat badan berjalan lambat. Hal ini karena sekitar 2,5 liter air habis oleh fungsi tubuh sehari-hari seperti berkeringat. Sehingga jika anda menjalani program diet dan berat badan masih saja tidak turun, mungkin hal ini disebabkan anda tidak minum cukup air.
Juga terganggunya proses pencernaan. Air penting bagi proses pencernaan. Pencernaan yang terganggu adalah jika anda tidak bisa menyerap manfaat dari makanan sebaliknya tubuh akan mengirimkan sinyal yang menandakan minta tambahan makanan yang mengandung mineral yang tubuh rasa kurang.
Menurut Prof. S. Periasamy DIM dan D. ACC. Bohiraj Vedante Maharish Charity dari Kantha Health And Research Centre, Karur, India, berbagai keluhan semisal sakit kepala, asma, darah tinggi, kencing manis, penyakit mata, rematik, batu ginjal, haid tidak teratur, kegemukan, leukemia, batuk, radang tenggorok, sembelit, dan lain-lain bisa sembuh dengan terapi air.
Menurut buku "Light of Hope" karya Gurdip Hari, minum air enam gelas atau 1,5 liter per hari setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit secara luar biasa. Dari penyakit ringan dapat diatasi dengan minum air. Bahkan untuk pengobatan penyakit seperti batuk, bronchitis, TBC paru, gangguan ginjal, penyakit urogenital, kelebihan kadar asam tubuh, disentri, gastroenteritis, kanker rahim, konstipasi, diabetes, penyakit mata, menstruasi tidak teratur, kanker payudara, laringitis, sakit kepala, leukemia, arthritis dan hipertensi dapat diterapi dengan air.
Mengonsumsi air secara luar biasa adalah cara terbaik untuk membersihkan tubuh dari racun-racun. Sebagaimana kita tahu, tubuh kita terbuat lebih dari 70% air. Air tubuh tersebut dalam bentuk darah dan cairan lain yang harus selalu dibersihkan. Jika darah lebih kental, maka jantung akan bekerja lebih keras untuk menyaring berbagai kotoran dan racun untuk keluar dari tubuh, dan mendistribusikan nutrien ke bagian tubuh lain. Darah sebagai alat utama untuk penyembuhan penyakit ringan dan pemulihan kesehatan. Untuk itu, terapi air sangat diperlukan untuk menjaga darah agar dapat berfungsi dengan baik
Selain itu, sebetulnya air minum dapat mengatasi hipertensi. Dalam keadaan dehidrasi, air diambil sekalipun tak merasa haus, mereka yang bekerja di dalam ruangan harus banyak minum bila tak ingin cepat mengalami dehidrasi.
Dr Masaru Emoto dari Jepang menganggap molekul air sebagai sesuatu yang hidup. Karena itu, air yang hidup itu mudah tercemar, bahkan oleh emosi, kesadaran, dan memori manusia. ''Maka, air perlu mendapatkan resonansi energi yang berfungsi untuk diantaranya dari antara sel-sel dan darah. Ketika mengambil air dari darah itulah, darah menjadi lebih kental dan lebih kencang dipompa. Akibatnya, tubuh akan lebih beresiko terkena hipertensi dan serangan jantung.
Karena itu, para pakar kesehatan menyarankan agar jangan meminum air hanya kala haus. Kebiasaan minum air yang banyak, baik sedang haus maupun tidak, merupakan kebiasaan yang sehat. Demikian juga bagi mereka yang bekerja di ruangan ber-AC, maka tuntutan untuk minum air yang lebih banyak semakin tinggi. Jadi, mengaktifkan molekul air dan mentransfer energi pada air sehingga air tak tercemar polusi emosi,'' paparnya.
Manfaat lebih air minumAir minum sangat penting perannya dalam metabolisme dan sebagai kebutuhan yang sangat mendasar bagi tubuh. Karena air berguna untuk :
Mengurangi sampah dan racun tubuh, termasuk mineral anorganik
Pencernaan dan mengantar makanan ke jaringan-jaringan tubuh
Menetralkan atau membakar lemak dan membantu menurunkan berat badan
Melancarkan cairan tubuh seperti di darah dan kelenjar getah bening
Mengantarkan oksigen ke sel-sel
Perawatan otot-otot
Memberikan pelumas antara sendi-sendi dan organ-organ
Mengatur suhu tubuh
Merawat kulit agar tetap sehat
Prosedur Terapi Air Setiap pagi setelah bangun tidur segera minum 1,5 liter air, yaitu sekitar 5-6 gelas. Air ini harus berada pada suhu kamar dan cara yang lebih aman agar Anda tidak terlalu berat menjalankannya, yaitu dengan memasukkan air ke botol ukuran 1,5 liter dan simpan botol tersebut disamping tempat tidur Anda sebelum tidur
Tidak ada minuman atau makanan padat yang dimakan selama 1 jam sebelum dan sesudah minum 1,5 liter air. Pada awalnya mungkin kesulitan minum air sebanyak itu dalam waktu singkat, tetapi secara berangsur-angsur Anda akan terbiasa melakukannya. Jadi ketika baru mulai terapi ini, minumlah 2 gelas air pertama. kemudian satu gelas setiap 5 menit, sampai air di botol itu habis.
“….Dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup, maka mengapakah mereka tiada juga beriman.”
(Q.S. Al-Anbiya’:30)

Tidak ada komentar: